by

Inilah 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan Anak)

1000 hpk (Hari Pertama Kehidupan Anak) – Secara umum pertumbuhan dan perkembangan seorang manusia dikelompokkan dalam 2 tahap, yakni tahap sebelum lahir (dalam kandungan) dan tahap setelah lahir. Sedangkan lebih khusus lagi tahap setelah lahir dapat dibedakan dalam 5 tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia. Yaitu saat manusia masih bayi, masa anak-anak, masa remaja, masa dewasa, dan masa manusia lanjut usia.1

             Dalam tahap manusia saat masih bayi, sering kita mendengar kalimat-kalimat yang menyerukan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan anak.

Mengapa harus 1000 hari pertama kehidupan anak ?

1000 hpk

             Menurut Slamet (2005:5) “ Anak usia dini berada pada tahap pertumbuhan dan perkembangan baik fisik maupun mental yang sangat pesat. “ Anak usia dini sangat sensitive terhadap apa yang terjadi di lingkungannya. Maka dari itu anak usia dini sering disebut dengan masa keemasan atau sering disebut dengan golden age.

             Dalam hellosehat.com disebutkan bahwa pemenuhan gizi yang baik selama 1000 hari pertama kehidupan anak akan membuat kemampuan anak untuk tumbuh dan belajar menjadi lebih baik. 1000 hari pertama kehidupan dihitung mulai dari hari pertama konsepsi lalu terbentuk embrio hingga anak berusia 2 tahun. Kecukupan gizi selama hamil hingga tahun-tahun pertama kehidupan anak berperan dalam membentuk fungsi otak hingga membantu memperkuat sistem imun. Dikatakan pula pada 1000 hari pertama kehidupan, sudah dapat ditentukan bagaimana masa depan anak kemudian.

             Dalam Plengdut.com disebutkan bahwa Perkembangan dari janin ini selama berada di dalam rahim seorang ibu, dibagi kedalam tiga tahapan. Dimana lama masing-masing tahapan ini adalah tiga bulan: Trimester pertama (pada usia ini embrio akan berkembang hingga menjadi janin dengan panjang kira-kira kurang/lebih 5,5 cm.), trimester kedua (pada usia ini janin biasanya sudah semakin berkembang dengan panjang yang kira-kira mencapai ukuran kurang/lebih 19 cm), dan trimester ketiga (pada usia ini proses pertumbuhan dari ukuran janin akan berkembang sangat cepat. Biasanya di masa ini, ukuran tubuh janin sudah proporsional seperti tubuh bayi pada umumnya ukuran tubuhnya pada umumnya sudah mencapai panjang sekitar 50 cm. Selanjutnya di bulan ke sembilan inilah bayi akan lahir di dunia).

             Selama masa kehamilan seorang ibu perlu memenuhi nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan janin yang ada dalam rahimnya, supaya dapat tumbuh dengan optimal.

             Kemudian kehidupan manusia berlanjut ke pertumbuhan manusia masa bayi. Pertumbuhan manusia di masa bayi dimulai dari lahir hingga usia 2 tahun.

             Dari saat kelahiran sampai bayi dapat berbicara, bayi disebut sebagai infant. Pada awal kelahirannya, bayi menghabiskan waktunya dengan tidur. Mulanya tidur dapat berlangsung sepanjang hari dan malam, namun setelah beberapa bulan tidur bayi menjadi lebih terpola mengikuti siang dan malam. Saat masa awal kelahiran hingga berusia 1 tahun, bayi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. 

             Awal dua tahun pertama, pada tahap ini, bayi belajar untuk meningkatkan kemampuan penginderaan dan kemampuan motoriknya untuk melatih kemampuan berpikirnya kelak.

             Menurut Piaget perkembangan sensori motor terjadi pada usia 0-2 tahun. Pada tahap ini perkembangan panca indra sangat berpengaruh dalam diri anak. Keinginan terbesar anak pada usia ini adalah keinginan untuk menyentuh/memegang, karena didorong oleh keinginan untuk mengetahui reaksi dari pertumbuhannya. Dalam usia ini mereka belum mengerti akan motivasi dan senjata terbesarnya adalah “menangis”.

             Menyampaikan cerita pada anak usia ini tidak dapat hanya sekedar dengan menggunakan gambar sebagai alat peraga, melainkan harus dengan sesuatu yang bergerak. Masa usia 0-2 tahun pada anak merupakan masa ketergantungan seluruhnya pada orang lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed